Selasa, 26 Mei 2009

Facebook Haram???

Akhir-akhir ini muncul berita menghebohkan yang mengguncang dunia maya (ceileh...!!!) yaitu tentang di haramkannya situs jejaring sosial yang saat ini paling populer di Indonesia bahkan mungkin di dunia yaitu Facebook.

Agak aneh memang ketika saya mendengar berita ini, karena menurut saya selama menggunakan facebook ini lebih banyak manfaat yang saya dapatkan, misalnya saya dapat berkomunikasi dan bersilaturami dengan teman-teman saya semasa masih duduk di bangku SMA dan SMP sewaktu masih di daerah yang sudah sekian lama tidak pernah bertemu. Dan masih banyak lagi manfaat yang di dapatkan dari situs facebook ini.

Memang tidak bisa dipungkiri dengan segala kemajuan teknologi dan segala manfaatnya selalu ada pihak-pihak maupun segelintir orang yang menyalah gunakannya dan bisa meresahkan masyarakat. Sudah sangat lazim kalau selalu saja ada yang berbuat seperti itu, jadi menurut saya kuranglah tepat dan bijaksana apabila ada sekelompok atau organisasi masyarakat yang mengklaim bahwa facebook itu hukumnya haram. Kalau dalam konteks tertentu mungkin bisa relevan, misalnya yang memuat foto-foto mengumbar aurat, atau untuk ajang selingkuh, dan itu bukan hanya terjadi pada facebook saja. Hampir semua dalam kehidupan ini bisa disalah gunakan dan menjadi haram misalnya ponsel (hp), televisi, motor, buku dan masih banyak yang lainnya.

Ponsel yang paling rentan untuk di fatwakan haram, apa pasal? Karena ponsel mempunyai celah yang paling lebar untuk melakukan perselingkuhan. Selain itu ponsel adalah tempat paling aman untuk menyimpan data-data baik gambar ataupun video yang mengumbar aurat dan menimbulkan syahwat dan pada akhirnya terjadi perzinahan. Ini sangat pantas jika ponsel mendapat fatwa haram.

Memang kontroversi lah semua ini. Jadi semua kembali kepada kita bagaimana memanfaatkan segala kemajuan teknologi yang memang tujuannya adalah untuk membantu memudahkan kehidupan kita dan bermanfaat. Jadi saya berharap masalah haram atau tidak gak usah terlalu di lebih-lebihkan dan di besar-besarkan.

3 komentar:

  1. Innama A'malu bin niat, mas...

    Tujuan awal aku buat FB itu u cari alum MWI, akhirnya ya ketemu temen2 lama dan adik2 kelas, dan akhirnya bisa dapet temen yang baek, juga dari FB, salah satunya MR J..hehehe...

    Jadi apanya yang haram ya? lha wong pure nyari temen2 yang tenggelam tertelan jaman..

    BalasHapus
  2. Kalo menurutku sih, facebook adalah alat...

    Alat tidak bisa dipersalahkan mengenai perbuatan apa yang dilakukan dengannya, kan?

    Jadi, yang haram adalah perbuatannya, bukan facebook-nya...

    Perbuatannya ya seperti yang disebutkan diatas...hehehehehe...

    BalasHapus
  3. betul sekali mas Iwan, setuju...

    BalasHapus