Jumat, 22 Mei 2009

KYMCO, kualitas bagus Pelayanan melempem.

Pernahkah anda mendengan sepeda motor dengan merk Kymco? Mungkin sebagian orang awam masih aneh atau bahkan menganggap Kymco adalah satu dari sekian banyak motor cina yang masuk pasar Indonesia dengan image mocin (Motor Cina) yang murah dan kualitas payah. Hmmm memang susah untuk mengatakan tidak walaupun kenyataannya memang tidak begitu.

Sekarang motor matic mulai marak di pasar otomotif Indonesia dan dikuasai oleh pabrikan raksasa asal negeri sakura yaitu Yamaha, Honda dan Suzuki dengan produk-produk unggulan meraka yaitu Mio,Vario,Spin dan lainnya. Tapi tahukah anda bahwa sebetulnya motor matic yang pertama masuk ke Indonesia adalah Kymco dengan produk mereka yang di kenal dengan Jetmatic. Kymco adalah perusahaan otomotif terbesar di Taiwan dan produk-produk mereka telah beredar luas di 5 benua, cukup sukses bahkan diakui kehebatan dan kualitasnya di Eropa dan Amerika. Jadi menurut saya salah jika Kymco di samakan dengan mocin yang berkulitas ecek-ecek.

Kymco di dirikan di Taiwan sejak 5 Februari 1963 dengan nama asli Kwang Yang Motor Coorporation. sebagai pembuat suku cadang untuk Honda dan kini telah berkembang menjadi pabrik produsen motor ke-5 di dunia. Kymco semakin mengokohkan posisinya di 6 benua sebagai produsen motor berkualitas dan ramah lingkungan. Terbukti di Eropa dan Amerika yang memiliki aturan yang sangat ketat akan emisi, Kymco mampu hadir dan makin mengakar diantara pesaing-pesaingnya. Di Indonesia Kymco mendapat penghargaan sebagai motor dengan gas buang paling rendah polusi dari Kementrian Lingkungan Hidup Indonesia.
Kymco cukup dikenal dan digemari dikalangan masyarakat Eropa dan Amerika, sebagai pangsa pasar terbesar untuk tipe skuter.

Kymco masuk Indonesia pada sekitar tahun 2000 di bawah bendera PT. Kymco Lippo Motor Indonesia dan mendirikan pabrik di Cikarang. Gebrakan pertama yang di lakukan Kymco adalah membuat rekor MURI dengan mengadakan perjalanan Jakarta - Bali 150 jam nonstop. Ini membuktikan ketangguhan mesin dan kualitas motor Kymco, ini baru satu-satunya di Indonesia, bahkan Kymco juga mendapatkan penghargaan dari menteri lingkungan hidup sebagai kendaraan yang ramah lingkungan dan mempunyai efesiensi bahan bakar terbaik,Kymco juga yang pertama memenuhi standar emisi Euro 2 untuk kelas matic di Indonesia. Oleh karena itu menurut saya kualitas Kymco memang masih yang terbaik di kelasnya yaitu motor matic.

Memang untuk selera pasar masyarakat Indonesia design motor-motor Kymco mungkin aneh karena body motor yang gemuk, sedangkan orang Indonesia lebih suka yang ramping dan praktis. Makanya tidak heran penjualan Kymco pada awal-awal masuk Indonesia seret. Seiring berlalunya waktu design Kymco pun berkembang dan disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia, dan masyarakatpun mulai melirik Kymco.

Tapi sayangnya di saat masyarakat mulai melirik dan mengakui kualitas Kymco, manajemen Kymco Indonesia yang di pegang oleh KLMI (Kymco Lippo Motor Indonesia) malah melempem, seakam ogah-ogahan dalam menjalankan bisnis nya. Disaat mulai menuai hasil dari perjuangannya merebut kembali pasar dari cengkraman kompetitor Jepang eh.. malah KLMI berseteru dengan Kymco Taiwan, ujung-ujungnya Konsumen Kymco Indonesia sendiri yang menanggung kerugian akibat masalah ini. Sangat ironis memang, sepeda motor berkualitas ditangani oleh manajemen yang melempem.

Sangat berbeda dengan komunitas pengguna Kymco yang semakin berkembang dan solid dalam menghadapi situasi yang kurang mengenakan buat mereka. Bahkan menurut pengamatan saya banyak para konsumen baru yang akhirnya memilih Kymco di karenakan mereka tertarik membaca artikel yang ada di forum komunitas mereka di www.kymco.or.id pada akhirnya mencoba atau test ride dan akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Kymco walaupun mereka tahu pengguna Kymco di Indonesia adalah minoritas dan pastinya harga purna jualnya akan merosot. Tapi bagi mereka yang terpenting adalah kualitas dan kenyamanan dalam berkendara, maka jangan heran apabila para pemakai Kymco mempunyai peliharaan lebih dari satu Kymco di rumahnya. Jadi sebetunya tak perlu banyak buang duit untuk obral iklan di media pun Kymco tetap laku, itu adalah salah satu nilai plus yang harus di ketahui pihak manajemen KLMI, yang penting adalah sering mengadakan event dan test ride kepada masyarakat agar mereka bisa merasakan dan membandingkan kenyamanan kymco dengan motor lain.

Memang sangat di sayangkan, loyalitas dan kesetiaan pengguna Kymco tidak dibarengi loyalitas pihak Kymco Indonesia dalam melayani konsumennya, sangat berbeda dengan produk dari Jepang yang begitu perhatian kepada konsumennya terutama Yamaha yang sangat terlihat begitu dominan untuk pasar matic di Indonesia.

Saya berharap Kymco Indonesia segera bangkit dan kembali dapat meramaikan industri otomotif di Indonesia dengan kenyamanannya khususnya untuk motor matic.

Berikut beberapa Produk Kymco yang beredar di Indonesia :






1 komentar:

  1. bah kalo masalah kenyamanan memang blm ada yg nandingi...bagasi besar...wah pokokne enak nyaman pake bepergian jauh.....bawa barang ga repot...

    BalasHapus