Rabu, 20 Mei 2009

Asyiknya memodifikasi Motorola Rokr E1


Hiks.. sebetulnya sedih mau nulis ini coz Motorola Rokr E1 kesayanganku dah almarhum raib di tangan tukang copet sialan, tapi ga apa-apa kok saya cuma ingin berbagi buat siapa saja yang mempunyai hp keren tersebut. Ternyata bener-bener asik punya hp tersebut apalagi buat anda yang hobi utak-atik atau modifikasi karena Rokr E1 sangat mungkin dan mudah di modifikasi sesuai dengan keinginan kita misalnya menganti skins (tampilan), bootscreen, mengganti bahasa sesuai keinginan kita semisal bahasa Indonesia, Jawa, Madura dll. Segala macam perlengkapan semisal software atau driver mudah banget di dapat di internet.
Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan antara lain :
  1. Driver, lebih tepatnya P2Kdrivers. Ini berfungsi agar hp rokr anda bisa di kenali oleh PC ketika terhubung. Anda bisa download di sini.
  2. Flash Backup. Ini berfungsi untuk melakukan flashing semisal kita ingin meng upgrade firmware hp kita, atau memflash dengan Monsterpack atau setingan yang sudah di modifikasi oleh orang lain, atau setingan lain semisal mengganti bahasa atau font atau yang lainnya. Versi yang terbaru yang saya dapat adalah Flash Backup 3.0.7, anda bisa men downloadnya di sini.
  3. P2K - Tools. Ini berfungsi sebagai explorer drive hp kita di PC, sama seperti kita membuka Windows explorer pada komputer kita dimana terdapat drive - drive untuk penyimpanan data. P2K-Tools ini nantinya digunakan untuk mengganti skins,mengganti sound pada saat start-up dan shut-down. Anda dapat mendownloadnya di sini.
  4. p2k_commander. Fungsinya sama seperti P2K-Tools yaitu sebagai explorer. Tapi saya lebih familiar menggunakan P2K-Tools, jadi ini buat alternatif aja apabila anda kesulitan menggunakan P2K-Tools. Download di sini
  5. MotoMidMan. Istilah lainnya MotorolaMidletzManager, berfungsi untuk menginstal aplikasi Java dan game ke hp anda. Anda dapat menginstal file yang ber ekstensi jad ataupun jar ke hp menggunakan Motomidman ini. Download di sini.
  6. Ada juga beberapa software yang dapat anda gunakan untuk memodifikasi Rokr anda. Diantaranya Moto Skin yang dapat anda gunakan untuk membuat skin sendiri. Ada pula P2K menu Editor untuk mengubah tampilan menu di hp anda.
Sebelum melakukan modifikasi sebaiknya anda mem back up dulu hp anda supaya apabila terjadi kesalahan anda masih dapat menyelamatkan hp anda. Sebaiknya anda menggunkan laptop dan apabila anda menggunakan PC sebaiknya menggunakan Ups, karena di khawatirkan mati lampu. Apabila terjadi mati lampu pada saat anda melakukan flashing bisa fatal akibatnya, hp anda bisa mati total. Adapun caranya untuk memback up hp anda sebagai berikut :
  1. Lepas semua kartu yang ada di hp anda baik simcard maupun memory card.
  2. Lalu aktifkan software Flash backup yang telah anda instal ke PC.
  3. Hidupkan hp anda dengan cara dengan menekan tombol ON + * + # secara bersamaan. Maka akan tertera “OK to Program Connect USB Data Cable” pada layar hp anda. Jika sudah dikoneksikan dengan PC, maka otomatis PC akan mencari drivers (P2Kdrivers). Arahkan pada P2KDrivers yang sudah disiapkan di komputer sesuai dengan folder yang digunakan.
  4. Setelah tersambung pilih tab Read data, lalu beri tanda contreng pada semua item dalam tabel atau contreng select all. kemudian klik Read data dan pilih tempat penyimpanan pada PC anda.
  5. Tunggu sampai proses back up selesai, setelah selesai pasang kembali simcard dan memory card anda.
Nah proses back up sudah dilakukan, sekarang tinggal memodifikasi dengan tenang. Sebetulnya lebih praktis apabila kita menggunakan "monster pack" alias suatu paket modifikasi yang sudah dibuatkan oleh rekan-rekan kita pecinta Rokr yang lain dan lebih pintar dan canggih dari saya. Anda bisa mendapatkan beberapa monsterpack yang keren dan canggih disini, pilih dan download lah file yang untuk Rokr, jangan keliru yang untuk E398, karena pada dasarnya kedua hp ini adalah sama hanya perbedaan hardware dan software.

Cara untuk flashing menggunakan file Monsterpack :
  • Sama seperti no. 1 - 3 pada proses back up tadi .
  • Nah apabila tadi ketika proses backup kita pilih tab Read data maka kali ini kita pilih tab Write data, lalu klik Select flash file kemudian pilih file monsterpack yang akan anda gunakan. lalu klik write data dan tunggu sampai proses flashing selesai.
  • Setelah selesai masukan simcard dan memory card anda dan hidupkan.
  • Sebagai catatan, hati-hati apabila terjadi mati lampu dan perhatikan koneksi kabel data antara PC dan hp, usahakan kabel tidak terganggu selama proses flashing. karena proses flashing bisa gagal. Apabila terjadi jangan khawatir bisa di ulang lagi kok caranya sama.
  • Apabila berhasil di jamin anda akan ketagihan dan mencoba yang lain nya, he..he..he.. saya dan beberapa teman saya sudah membuktikan dan hasilnya terbukti "Kecanduan".
Anda juga bisa hanya mengubah beberapa bagian dalam melakukan flashing misalnya ingin merubah bahasa, dari bahasa Inggris menjadi bahasa Jawa. Bisa di download di sini Bahasa Jawa, Jawa Ngapak.
  • Caranya sama seperti flashing sebelum nya tinggal pilih flash file nya yang file bahasa jawa tadi.
  • Setelah selesai, aktifkan dan anda mempunyai hp berbahasa Jawa.
  • Kalah deh Sony Ericson yang mengklaim pertama di dunia yg menggunakan bahasa jawa, Rokr gw dah setahun yang lalu bung...!!!

7 komentar:

  1. iya matur nuwun kang

    BalasHapus
  2. ini yg gw cari..hatur tengQ kang...heu!!!
    sekalian mo nnya klo yg e1 rokr versi 79R bisa di downgrade g mas misalnya ke versi 49R...soalnya dah coba be2rapa kali tp te2p g bisa...mohon bantuannya...makasih mas...!!!

    BalasHapus
  3. om, rokr ente raib ya?? kabel data nya masiha da gak? kalo ada, aku bayarin deh berapa? soalnya aku baru dapet rokr e1, tapi batangan alias tanpa kelengkapan. cp: mamang:0816417909

    BalasHapus
  4. p2k driver saya tidak terdetect knp yah?

    BalasHapus
  5. Duh maaf... semuanya dah lama gak buka2 blog sendiri n lama gak posting.
    - Untuk Downgrade dari versi 79R ke versi bawahnya memang agak sulit om, banyak beberapa rekan kita yg juga gagal. pas saya browsing di jagat maya ini juga banyak yg mengalami hal serupa. Apakah anda sudah coba mem flash Rokr anda dng Flash Backup versi 3.0.7 dari saya ini? soalnya kalo pake versi yg sebelumnya kebanyakan gagal.

    - Untuk yg P2K gak terdeteck coba di cek kabel datanya om....atau slot kabel data yg ada di ponsel. Dulu saya pernah mengalaminya dan ternyata masalahnya di situ.

    - wah jangan om... saya jg lagi nyari lagi rokr yg sama hehehehe

    BalasHapus
  6. bos napa e1 ku gak bisa q flas monster pack nano engine 3 ya? gk bisa dihidupin! trus dimana ku bisa download monster pack yang original rokr e1 ya? alias sama dari pabriknya

    BalasHapus
  7. @ vhae_suchen : untuk memflash mp nano enggine 3 kebetulan saya belum pernah. Tapi kemungkinan menurut saya kegagalan ada beberapa penyebab. mungkin sewaktu ngeflash koneksi antara hp dan komputer terputus. ini menyebabkan hp mati. solusinya anda flash lagi rokr nya. apabila setelah di flash ulang gagal lagi kemungkinan mp (monsterpack) nya memang rusak, coba flas pake mp yang lain.
    Kalo monsterpack original rokr gak ada mas....semua itu dah modifikasi. tapi kalo anda menginginkan back up original rokr ada kok mas.
    coba anda masuk ke link ini dan download. lalu flash lagi rokr anda dengan file yg anda download tadi. rokrn anda kembali seperti baru lagi.

    ini link nya : http://www.esnips.com/doc/83e59ed9-c143-4702-bc62-5b64408149f2/My-Original-Rokr-E1-Backup

    BalasHapus